Logo Bloomberg Technoz

Bank Dunia Naikkan Proyeksi Pertumbuhan Global Jadi 2,6%

News
12 June 2024 08:30

Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)
Kantor pusat World Bank Group saat pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, DC, AS (Samuel Corum/Bloomberg)

Eric Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Dunia menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini karena ekspansi AS yang kuat, sembari memperingatkan bahwa perubahan iklim, perang, dan utang yang tinggi akan merugikan negara-negara miskin yang menjadi tempat tinggal sebagian besar penduduk dunia.

Bank ini menaikkan proyeksinya menjadi 2,6% dari perkiraan 2,4% di Januari, menurut laporan Global Economic Prospects yang dirilis Selasa (11/6/2024). Pemberi pinjaman anti-kemiskinan yang berbasis di Washington ini mempertahankan proyeksi tahun 2025 tidak berubah pada 2,7%.

Sebagian besar peningkatan ini berasal dari Bank Dunia yang menaikkan proyeksi pertumbuhan AS menjadi 2,5% dari perkiraan sebelumnya sebesar 1,6%. Namun, negara-negara di Afrika Sub-Sahara, Timur Tengah, dan Afrika Utara mengalami pemangkasan estimasi.

Perkiraan pertumbuhan ekonomi global oleh Bank Dunia. (Dok: Bloomberg)

"Kabar baiknya adalah bahwa ekonomi global mulai stabil, dan berjalan lebih cepat daripada yang kami perkirakan di Januari, dan sebagian besar karena kekuatan ekonomi AS yang tak terduga," kata Indermit Gill, kepala ekonom Bank Dunia.