Logo Bloomberg Technoz

Dalam 4 bulan pertama 2024, pembangkitan listrik tenaga air di China tumbuh 8,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Sumber: Bloomberg

China memiliki kapasitas pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia, mencapai 425 gigawatt. Meski saat periode kekeringan pada 2022, pembangkit listrik tenaga air masih bisa menyumbang 15% dari bauran energi (energy mix).

Analisis Teknikal

Secara teknikal dengan perspektif harian (daily time frame), batu bara berada di zona bearish. Tercermin dari Relative Strength Index (RSI) yang sebesar 24,32.

RSI di bawah 50 mengindikasikan suatu aset sedang dalam posisi bearish. Namun, RSI di bawah 30 juga menjadi sinyal sudah masuk area jenuh jual (oversold).

Posisi oversold terkonfirmasi pula dengan Stochastic RSI yang sudah menyentuh angka 0. Sudah paling rendah, sangat oversold.

Alhasil, harga batu bara berpeluang bangkit. Target resisten terdekat ada di US$ 136/ton. Jika tertembus, maka US$ 139/ton berpotensi menjadi target selanjutnya.

Sementara target support terdekat adalah US$ 131/ton. Penembusan di titik ini bisa membawa harga batu bara turun lagi ke arah US$ 128/ton.

(aji)

No more pages