Logo Bloomberg Technoz

"Jangan bilang hanya nangkap-nangkap saja, saya bilang kampungan itu menurut saya," kata Luhut di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Juli 2023.

Luhut saat itu mengatakan perbaikan sistem harus diutamakan ketimbang menangkap pejabat korup. Pencegahan, kata dia, lebih menjanjikan untuk menutup celah korupsi.

"Kalau makin kecil ditangkap karena tadi digitalisasi kenapa tidak," ujar Luhut.

Respons KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nawawi Pomolango mengingatkan Luhut bahwa digitalisasi saat ini tak kemudian menghapus praktik korupsi.

Ketua KPK Nawawi Pomolango di gedung KPK, Rabu (22/5/2024). (Muhammad Fikri/Bloomberg Technoz).

Nawawi justru menyoal keefektifan sistem digitalisasi pemerintah dalam penertiban dan mengurangi korupsi. Menurut dia, angka korupsi masih tinggi termasuk pada sektor-sektor yang sudah mengalami digitalisasi modern. 

Nawawi menyebut pemerintah belum memiliki sistem digital yang benar-benar mampu menghentikan niat buruk para pelaku korupsi. 

"Nyatanya bahwa digitalisasi belum bisa memberikan jawaban semua. Bahwa negara ini masih ramai soal korupsi, walau pun digitalisasi sudah sedemikian baik," ujar Nawawi di Kompleks DPR, Selasa (11/6/2024).

(red/ain)

No more pages