Logo Bloomberg Technoz

Indeks iShares MSCI Indonesia (EIDO) Drop 5% Kala Rupiah Melemah

Redaksi
11 June 2024 21:52

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks iShares MSCI Indonesia (EIDO) terperosok 0,36 poin (1,88%) kala pelemahan rupiah terjadi terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Dalam sepekan indeks EIDO telah anjlok sekitar 1,02 poin atau setara 5,11% ke level US$18,85.

Indeks iShares MSCI Indonesia adalah mutual fund yang mengakumulasi saham–saham Indonesia hasil pengelolaan Morgan Stanley di Bursa Wall Street, AS.

EIDO kerap menjadi pilihan–pilihan investor asing dan menjadi salah satu referensi investasi dalam jangka panjang. Apabila indeks mengalami pelemahan menjadi indikasi kondisi Indonesia sedang tidak baik.

Diketahui Morgan Stanley resmi menurunkan laporan baru terkait prospek saham-saham Indonesia. Morgan Stanley juga menurunkan peringkat saham-saham di Indonesia menjadi underweight dalam alokasi pasar Asia dan pasar negara berkembang, dalam catatan 10 Juni. 

Ahli strategi Morgan Stanley, termasuk Daniel Blake, menjelaskan, “Kami melihat ketidakpastian jangka pendek mengenai arah kebijakan fiskal di masa depan serta beberapa pelemahan di pasar valas di tengah-tengah suku bunga AS yang masih tinggi dan prospek dollar AS yang menguat.”