Logo Bloomberg Technoz

Rupiah hari sempat menyentuh Rp16.303/US$ dalam perdagangan intraday dan akhirnya ditutup turun 0,06% dibanding level penutupan hari sebelumnya.

Untuk kurs tengah Bank Indonesia, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), bahkan ditutup lebih lemah di Rp16.295/US$.

Pada bagian lain dalam lelang Surat Utang Negara (SUN) pada hari ini tercatat terjadi penurunan minat pemodal. 

Nilai permintaan yang masuk dalam lelang menurun 8,8% yaitu menjadi sebesar Rp42,9 triliun. Dalam lelang SUN sebelumnya permintaan masuk mencapai Rp47,11 triliun.

Permintaan imbal hasil dalam lelang hari ini juga melesat naik sejurus dengan lonjakan yield di pasar sekunder. Pemerintah akhirnya memenangkan permintaan sesuai target indikatif di Rp22 triliun. 

Pada pemberitaan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pelemahan nilai tukar rupiah yang terperosok di angka Rp16.280/US$ masih dalam posisi yang bagus. Menurut Jokowi, semua negara saat ini sedang mengalami hal yang sama karena tertekan oleh kurs dolar AS. 

“Ketidakpastian global menghantui semua negara tapi kalau masih di angka Rp16.200-Rp16.300 masih posisi yang baik,” kata Jokowi usai menghadiri Ulang Tahun Hipmi, Senin (10/6/2024).

(wep)

No more pages