Logo Bloomberg Technoz

Soal APBN-P, Sri Mulyani Ingatkan Anggaran Dijaga Agar tak Jebol

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 June 2024 20:40

Menkeu, Sri Mulyani menyapa sebelum sidang PPHU Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menkeu, Sri Mulyani menyapa sebelum sidang PPHU Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jumat (5/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengingatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) perlu dijaga dengan baik, utamanya saat dilakukan perubahan melalui penyusunan APBN Perubahan (APBN-P). 

Hal itu, ia ungkap saat menjawab pertanyaan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Tamsil Linrung mengenai urgensi mekanisme pemberlakukan APBN-P pada tahun mendatang.

Tamsil mulanya mengatakan terdapat potensi APBN-P hanya dilakukan untuk mengakomodir program-program prioritas dan janji politik Presiden Terpilih Prabowo Subianto, seperti makan siang gratis hingga keberlanjutan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Terkait IKN, ia khawatir bahwa pembangunannya akan terbengkalai sebab hingga kini pendanannya masih dipertanyakan.

“Apakah nanti kami akan melakukan perubahan lagi karena janji-janji politik presiden yang saya kira tidak bisa kami abaikan Bu, ada makan siang gratis, nah itu ya gak mungkin kami ini kan, ujarnya dalam pertanyaan kepada Sri Mulyani dalam rapat kerja pemerintah dengan DPD, Selasa (11/6/2024).