Logo Bloomberg Technoz

Persaingan Ketat Mobil Listrik China, Huawei & BYD Saling Ejek

Pramesti Regita Cindy
11 June 2024 19:50

BYD Supercar. (Sumber: Bloomberg)
BYD Supercar. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Dua produsen kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) asal China, Build Your Dreams (BYD) dan Huwaei, beberapa hari terakhir menjadi sorortan usai keduanya terlihat saling ejek di tengah tekanan yang mereka hadapi seiring dengan meningkatnya perang harga di industri tersebut.

Semuanya bermula pada Sabtu, ketika Pimpinan unit mobil pintar Huawei Yu Chengdong secara tersirat mengatakan bahwa BYD adalah kendaraan listrik yang lebih maju karena harganya yang murah, alih-alih kualitasnya yang baik.

"Saat ini, BYD adalah nomor satu dalam persaingan ketat, karena biayanya sangat rendah," katanya di forum publik di Shenzhen, dikutip dari CNN, Selasa (11/6/2024).

"Kami tidak pandai berkompetisi dengan harga yang sangat murah. Sebaliknya, kami pandai bersaing dengan nilai, kecerdasan, kemewahan, kenyamanan, keamanan, kualitas tinggi, pengalaman pengguna yang luar biasa dan nyaman," tambah Yu. 

Huawei. (Jason Alden/Bloomberg)

Lantas, komentar Yu tentang BYD tersebut kemudian viral di media sosial China dan memicu reaksi keras dari raksasa EV tersebut.