Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Soal Tiket Pesawat Mahal: Berdampak ke Inflasi Daerah

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 June 2024 18:50

Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Achmad Sukisman Azmy melontarkan keluhan yang dialami masyarakat daerah berupa mahalnya tiket pesawat pada beberapa daerah di Indonesia. Padahal terdapat potensi pariwisata yang dapat terkerek apabila biaya perjalanan ke daerah-daerah tersebut memadai.

“Dilihat dari sisi harga tiket saja, ketika wisatawan banyak justru harganya sangat tinggi. Ini kan menyebabkan adanya inflasi. Otomatis kebutuhan rumah tangga pun meningkat cukup besar dan itupun akan dirasakan dampaknya oleh daerah-daerah wisata,” kata Sukisman kepada Sri Mulyani dalam rapat kerja pemerintah dengan DPD, Selasa (11/6/2024).

Menanggapi itu, Sri Mulyani mengatakan harga tiket pesawat memang sering menjadi faktor utama dalam meningkatkan inflasi daerah. Namun, ia menyebut bahwa kebijakan penyesuaian tarif tiket pesawat merupakan wewenang Kementerian Perhubungan.

“Harga tiket pesawat, mungkin ini juga sesuatu yang kami lihat dalam inflasi daerah memang sering harga tiket pesawat itu menjadi faktor yang meningkatkan cukup besar,” jawab Sri Mulyani dalam rapat itu.

Dengan begitu, ia mengatakan pihaknya akan terus melakukan koordinasi kepada Kementerian terkait yakni Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri untuk mengatasi permasalahan tersebut.