Logo Bloomberg Technoz

BYD Belum Bisa Pasarkan Mobilnya di RI, Bahlil Beberkan Alasannya

Pramesti Regita Cindy
11 June 2024 15:45

BYD Seagull. (Dok: Bloomberg)
BYD Seagull. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Raksasa otomotif China, Build Your Dreams (BYD), sejak awal 2024 memang telah merilis harga dari tiga jenis mobilnya yang akan dijual di Tanah Air. Akan tetapi, mobil tersebut hingga saat ini juga belum terlihat di jalanan Indonesia, meski telah diklaim banyak peminatnya yang telah memesan mobil raksasa China tersebut. 

Menanggapi hal tersebut, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia menyebut masih ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan oleh pihak BYD untuk bisa mendatangkan produknya ke dalam negeri. Salah satunya melalui penandatanganan pesetujuan perjanjian impor oleh BKPM.

"Kemarin kalau tidak salah ya saya baru menandatangani rekomendasi perizinan untuk impor. Karena kan sebelum dia melakukan impor, dia harus mempresentasikan terhadap berapa nilai investasi, berapa kapasitas produksi, dan berapa lama dia melakukan investasinya," jelas Bahlil ketika ditemui di kompleks parlemen, Selasa (11/6/2024). 

Selain itu, Balil menjelaskan bahwa izin impor diberikan berdasarkan progres realisasi investasi BYD. 

"Jadi sekarang kita kasih dahulu kurang lebih sekitar 10% atau 20% dari total kapasitas produksinya, saya lupa, tetapi saya sudah tanda tangani. Minggu kemarin [saya tandatangani]," jelasnya. 

Produsen mobil listrik China, BYD. (Dok: Bloomberg)