Logo Bloomberg Technoz

Obligasi mungkin akan terpengaruh oleh data inflasi dan prospek kebijakan The Fed. Studi korelasi ini mengisyaratkan risiko Bitcoin terombang-ambing di tengah gejolak pasar obligasi.

Korelasi Bitcoin dan obligasi AS tenor 10 tahun dalam metriks.

Bitcoin goyah pada hari Selasa, turun sebanyak 3,2% ke level terendah satu minggu dan berada di US$67.780 (sekitar Rp1,08 miliar) pada pukul 8:38 pagi di London. Token yang lebih kecil seperti Ether dan Dogecoin yang menjadi favorit para meme juga mengalami kerugian.

Bitcoin mencapai rekor US$73.798 (sekitar Rp1,18 miliar) pada pertengahan Maret, terangkat oleh arus masuk ke instrumen ETF Spot Bitcoin di bursa AS. Namun, Bitcoin berjuang untuk mencapai level tertinggi baru dalam tiga bulan terakhir. 

Tony Sycamore, analis pasar di IG Australia Pty, menjelaskan bahwa upaya Bitcoin yang gagal baru-baru ini untuk menembus puncak sepanjang masa membunyikan “lonceng peringatan”. 

Sedikit Progres

“Kurangnya kemajuan kenaikan dalam beberapa minggu terakhir mengkhawatirkan mengingat arus masuk yang signifikan ke ETF Bitcoin baru-baru ini yang sejauh ini gagal mengubah keadaan,” kata Sycamore.

“36 jam ke depan akan menjadi sangat penting.”

Sebanyak US$15,6 miliar bersih telah mengalir ke ETF sejak peluncurannya pada bulan Januari. Pada hari Senin, US$65 juta ditarik dari produk tersebut, menghentikan arus selama 19 hari berturut-turut, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Arus harian dana di 11 instrumen ETF Spot Bitcoin AS.

Data inflasi diperkirakan akan menunjukkan tekanan harga yang berjalan jauh di depan zona nyaman bank sentral AS. Saat pergantian tahun, para investor bertaruh pada sejumlah penurunan suku bunga The Fed, tetapi sekarang perdebatannya adalah apakah pelonggaran di masa depan hanya akan berupa perubahan kecil atas kebijakan. 

Prospek lebih tinggi untuk biaya pinjaman yang lebih lama dapat menjadi latar belakang yang menantang untuk aset spekulatif seperti Bitcoin. Sebagai catatan telah terjadi peningkatan lebih dari empat kali lipat sejak awal 2023 dalam kebangkitan kembali dari pasar yang sangat dalam.

Analis teknikal Fairlead Strategies LLC, Katie Stockton, dalam sebuah catatan penelitian menandai momentum jangka pendek “netral” untuk token digital berdasarkan pola grafik, sambil menambahkan bahwa prospek jangka panjang lebih positif.

Pasar crypto “seperti pecandu yang terus-menerus membutuhkan berita bullish untuk tetap terjaga,” kata Anand Gomes, co–founder Paradigm, sebuah platform derivatif. “Jadi ketika tidak ada, jalur dengan resistensi paling rendah akan lebih rendah.”

— Dengan asistensi Sunil Jagtiani.

(fik/wep)

No more pages