Logo Bloomberg Technoz

Menteri Kominfo Uraikan Proses Izin Starlink yang Diprotes DPR

Redaksi
11 June 2024 15:40

Cover Menteri Kominfo Ungkap Alasan Internet di Indonesia Lemot Banget (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Cover Menteri Kominfo Ungkap Alasan Internet di Indonesia Lemot Banget (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi menjawab kembali keraguan banyak pihak bahwa kehadiran Starlink Services Indonesia (SSI) dipermudah pemerintah dan berefek pada kelangsungan bisnis pelaku jasa telekomunikasi lokal.

“Isu kepatuhan PT SSI sudah memenuhi syarat sesuai dengan syarat yang berlaku di Kemenkominfo dan kita terus melakukan pengawasan dan pengendalian,” jelas Budi Arie di Jakarta.

Layanan internet dari bisnis unit Starlink Space Exploration Technologies Corp (SpaceX) ini disebut-sebut memiliki kekuatan dan kecepatan yang lebih unggul dari layanan internet yang sudah ada di Indonesia.

Starlink tetap mendapat perlakuan setara sebagai entitas bisnis, seperti halnya pelaku jasa internet (internet service provider/ISP), “sehingga pemerintah tidak menjadikan Starlink sebagai anak emas,” papar Budi Arie.

Menurut dia, Kominfo menjalankan peran selaku regulator penyelenggara bidang telekomunikasi dan memastikan terlaksananya kesetaraan atas penataan regulasi kepada seluruh pelaku.