Logo Bloomberg Technoz

Segera Tambah 10% Saham di Freeport, Bisakah RI Jadi Pengendali?

Dovana Hasiana
11 June 2024 16:30

Ilustrasi divestasi saham Freeport Indonesia (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi divestasi saham Freeport Indonesia (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta Indonesia dinilai bisa menjadi pengendali atas PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui akuisisi 10% saham melalui PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), selaku induk holding badan usaha milik negara (BUMN) sektor pertambangan.

Namun, hal tersebut bergantung pada keberhasilan negosiasi yang dilakukan oleh pemerintah kepada Freeport-McMoRan Inc.

“Sangat mungkin [menjadi pengendali], itulah esensi divestasi. Jauh lebih penting menjadi pengendali dari pada sekadar pemegang saham. Hal yang dibutuhkan adalah kemampuan pemerintah negosiasi dengan Freeport,” ujar Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum Energi Pertambangan (Pushep) Bisman Bakhtiar kepada Bloomberg Technoz, Selasa (11/6/2024).

Bisman mengatakan, Indonesia saat ini memang sudah menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan mencapai 51,2%, sementara Freeport-McMoRan – selaku induk PTFI– memegang 48,7%. 

Peresmian smelter PT Freeport di Gresik, Jawa Timur. (Dok. Kementerian BUMN)

Dengan mayoritas saham, kata Bisman, Indonesia seharusnya bisa menjadi pengendali. Sayangnya, kata Bisman, hal tersebut terkendala pada kesepakatan antara pemerintah dengan Freeport-McMoRan  pada perjanjian divestasi pada 2018.