Logo Bloomberg Technoz

Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), khususnya di sektor energi dan pertambangan, baru-baru ini mengumumkan penetapan jajaran dewan komisaris dan direksi dari perseroan, seperti PT Pertamina (Persero) dan holding BUMN bidang pertambangan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

Keputusan itu dihasilkan berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 masing-masing perseroan.

Kementerian BUMN menetapkan Simon Aloysius Mantiri sebagai komisaris utama dan komisaris independen PT Pertamina (Persero). Simon merupakan petinggi Partai Gerindra. 

Simon tercatat sebagai wakil sekretaris Dewan Pembina Partai Gerindra periode 2020-2025. Selain itu, dia juga sempat menjadi wakil ketua bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dalam ajang Pilpres 2024 lalu. 

Tak hanya Simon, petinggi Gerindra lainnya yaitu Fuad Bawazier juga baru diangkat menjadi komisaris utama di holding pertambangan MIND ID. Fuad merupakan mantan Menteri Keuangan di Kabinet Pembangunan VII Order Baru.

Sebelumnya, Fuad juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Pajak pada 1993—1998. Selain itu, Fuad juga tercatat pernah berkiprah di Partai Amanat Nasional (PAN). Selain itu, Fuad juga merupakan salah satu tokoh pendiri dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Selanjutnya, Fuad menjabat sebagai Anggota Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) periode 2020.

(mfd/frg)

No more pages