Logo Bloomberg Technoz

iPhone Makin Mirip Android, Ini Daftar Fitur Terbaru iOS 18

Redaksi
11 June 2024 13:50

Tim Cook, CEO dan jajaran eksekutif Apple Inc lain. (Dok: Bloomberg)
Tim Cook, CEO dan jajaran eksekutif Apple Inc lain. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Apple kembali membuat gebrakan besar dengan meluncurkan sistem operasi iOS 18 terbaru untuk iPhone dalam acara bergengsi WWDC 2024 yang diadakan di Apple Park, Cupertino, AS. 

Salah satu inovasi terbesar pada iOS 18 adalah kemampuan personalisasi (custom) yang memberikan kebebasan pada pengguna untuk menyetel iPhone sesuai selera. Meskipun fitur ini telah lama ada pada HP Android, kehadiran fitur serupa pada iOS 18 memberikan warna baru bagi para pengguna iPhone.

Pembaruan iOS 18

Custom Home Screen

Salah satu pembaruan yang paling dinantikan adalah kemampuan untuk mengkustomisasi home screen. Sebelumnya, pengaturan ikon aplikasi pada iPhone cukup sederhana dan kaku. Namun, melalui iOS 18, pengguna dapat memindahkan ikon aplikasi ke posisi yang lebih nyaman sesuai keinginan. Selain itu, nuansa warna pada ikon aplikasi kini dapat diubah, termasuk mode terang, mode gelap, atau bahkan dominasi satu warna tertentu. Ukuran ikon juga dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

Modifikasi Control Center

Fitur baru lainnya adalah kemampuan untuk memodifikasi Control Center. Pengguna dapat menambahkan tool atau aplikasi tertentu di Control Center untuk akses yang lebih cepat dan mudah. Pengembang aplikasi juga diberi kebebasan untuk menambahkan tool untuk aplikasi mereka, sehingga memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna.

Penguncian dan Aplikasi Tersembunyi

Keamanan menjadi perhatian utama di iOS 18. Pengguna kini dapat mengunci tiap aplikasi dengan sistem otentikasi, sehingga hanya pengguna yang berhak yang dapat mengaksesnya. Selain itu, informasi tertentu dapat disembunyikan dari Search dan Siri, memberikan tingkat privasi yang lebih tinggi.

Pembaruan pada Aplikasi Foto