Logo Bloomberg Technoz

Penerapan Sistem Pajak Core Tax Kembali Mundur, Jadi Akhir Tahun

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 June 2024 13:40

Ilustrasi pelaporan SPT. (Dok.Relawan Pajak DJP)
Ilustrasi pelaporan SPT. (Dok.Relawan Pajak DJP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut implementasi sistem inti administrasi perpajakan atau core tax administration system (CTAS) baru akan dimulai pada akhir 2024. Padahal, sebelumnya Kemenkeu menyebut implementasi core tax berlangsung pada Juli 2024.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Pengawasan Pajak Nufransa Wira Sakti menjelaskan bahwa pihaknya baru akan melakukan uji penerimaan pengguna atau user acceptance test dan peluncuran sistem coretax pada akhir 2024, tepatnya setelah serangkaian proses tes dilakukan.

“Nanti pada saatnya kami masuk ke user acceptance test dan akan dilakukan deployment [peluncuran]  yang akan direncanakan di akhir 2024,” kata Nufransa dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (11/6/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa pada tahun lalu pihaknya telah menyelesaikan desain dan pengembangan sistem core tax dan saat ini melanjutkan fase pengujian pada dua aspek teknis.

“Hal yang sedang dilakukan saat ini adalah fase pengujian dimana dilakukan System Integration Testing (SIT) dan Functional Verification Testing (FVT). SIT ini tes untuk aplikasi secara keseluruhan yang terintegrasi sementara FVT itu tes modular modul-modul yang disistem itu,” ujarnya.