Logo Bloomberg Technoz

Mau Caplok 10% Saham Freeport, Begini Persiapan MIND ID

Dovana Hasiana
11 June 2024 14:30

Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID
Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID

Bloomberg Technoz, Jakarta PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), holding badan usaha milik negara (BUMN) di bidang pertambangan, tengah melakukan pembahasan mengenai opsi skema yang bisa dilakukan untuk mengakuisisi 10% saham PT Freeport Indonesia (PTFI).

Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf mengatakan bahwa perseroan juga proaktif dalam menyampaikan berbagai kajian investasi relevan yang digunakan pemerintah untuk peningkatan peran MIND ID dalam pengembangan PTFI.

Dalam kaitan itu, Heri menggarisbawahi MIND ID merupakan holding yang berperan untuk mengevaluasi dan melakukan kajian investasi pada PTFI selaku anggota holding.

“Memperbesar kepemilikan saham di PTFI kan merupakan salah satu aksi korporasi di bidang investasi juga, makanya diperlukan kajian,” ujar Heri kepada Bloomberg Technoz, Selasa (11/6/2024). 

Menteri ESDM Arifin Tasrif dampingi Ketua DPR RI kunjungi  pertambangan diPT Freeport Indonesia (Dok. ESDM).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan Indonesia —melalui MIND ID — tidak perlu merogoh kocek untuk proses mengakuisisi tambahan 10% saham PTFI menjadi total 61,2%.