Logo Bloomberg Technoz

Writing Tools, salah satu fitu ChatGPT juga hadir di sistem Apple, yang dapat membantu pengguna membuat konten untuk apa pun yang mereka tulis.

OpenAI CEO, Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

“Pengguna juga dapat memanfaatkan alat gambar ChatGPT untuk menghasilkan gambar dalam berbagai macam gaya untuk melengkapi apa yang mereka tulis,” klaim OpenAI.

Kemitraan Apple-OpenAI turut menjanjikan perlindungan privasi. Bahwa setiap akses ChatGPT di dalam Siri dan Writing Tools-permintaan tidak disimpan oleh OpenAI, dan alamat IP pengguna dikaburkan.

“Pengguna juga dapat memilih untuk menghubungkan akun ChatGPT mereka, yang berarti preferensi data mereka akan berlaku di bawah kebijakan ChatGPT,” imbuh perusahaan.

Selama berbulan–bulan Bloomberg News melaporkan telah terjadi kesepakatan antara kedua perusahaan, namun rincian resmi hanya berlangsung singkat selama WWDC 2024.

Presentasi utama Apple berlangsung selama lebih dari satu jam 45 menit, dengan hanya sekitar dua menit yang dikhususkan untuk ChatGPT OpenAI. Apple memasukkan chatbot sebagai bagian dari seperangkat AI Tools yang disebutnya sebagai “Apple Intelligence”.

Chief Software Engineer Craig Federighi menegaskan, “Ini adalah AI untuk kita semua,” dan menggaransi bahwa teknologi ini lebih aman dan ramah pengguna.

Baca Juga: Definisi, Pengertian dan Cara Kerja Apple Intelligence

ChatGPT disebutkan di akhir presentasi, dengan Federighi mengumumkan bahwa chatbot tersebut akan didukung melalui asisten suara Siri milik Apple. Jika Anda membutuhkan ide menu untuk makanan yang sedang Anda masak, misalnya, Siri dapat menentukan apakah ChatGPT dapat membantu, katanya.

Pengguna kemudian mendapatkan perintah dari Siri yang meminta izin - “Apakah Anda ingin saya menggunakan ChatGPT untuk melakukan itu?” - sebelum melanjutkan ke ChatGPT.

Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)

Ini merupakan tanda bahwa Apple berencana untuk memisahkan teknologi tersebut dari perangkatnya sendiri, dilansir Bloomberg News.

Pengguna dapat mengunggah foto ke ChatGPT untuk meminta saran dekorasi, kata Federighi. Kemudian, Siri akan meminta izin sebelum melakukannya. Writing Tools  juga akan dapat memanfaatkan chatbot, pungkas dia.

- Dengan asistensi Nick Turner dan Mark Gurman.

(wep)

No more pages