Logo Bloomberg Technoz

Megaproyek Gula-Bioetanol di Merauke Mulai Jalan, Ini Investornya

Dovana Hasiana
11 June 2024 10:20

Ilustrasi lahan tebu./Bloomberg-Valeria Mongelli
Ilustrasi lahan tebu./Bloomberg-Valeria Mongelli

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengonfirmasi bahwa PT Global Papua Abadi dan konsorsium —sebagai investor di lahan tebu Merauke, Papua Selatan— sudah mulai melakukan berbagai persiapan untuk produksi gula dan bioetanol. 

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Yuliot mengatakan bahwa investor tersebut sudah mulai melakukan kegiatan di lapangan berupa penyiapan kebun bibit serta laboratorium untuk melakukan riset tanah, hama dan bibit.

Adapun, PT Global Papua Abadi dan konsorsium menanamkan investasi berupa kebun tebu yang terintegrasi dengan industri gula dan bioetanol.

“Terintegrasi kegiatan investasi PT Global Papua Abadi kebun tebu dengan industri gula dan bioetanol,” ujar Yuliot kepada Bloomberg Technoz, Selasa (11/6/2024). 

Bahan bakar bioetanol menetes dari pompa bahan bakar./Bloomberg-Si Barber

Sebelumnya, Yuliot juga mengatakan terdapat 5 pabrik gula (PG) yang akan dibangun di Merauke untuk mengolah tebu dari luas kebun sekitar 400.000 hektare (ha) dalam satu ekosistem rantai pasok. Adapun, pengembangan klaster 3 dari lahan Merauke seluas total 2 juta ha ini dilakukan sejak kuartal I-2024.