Logo Bloomberg Technoz

Hamas Sambut Baik Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

Redaksi
11 June 2024 10:00

Kerusakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)
Kerusakan di Gaza akibat konflik Israel - Hamas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kelompok Islamis Palestina Hamas, sekutunya kelompok Jihad Islam dan Otoritas Palestina yang merupakan saingan Presiden Mahmoud Abbas, menyambut baik resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mendukung proposal gencatan senjata di Gaza.

Melansir Reuters, dalam pernyataannya, Hamas mengatakan siap untuk bekerja sama dengan para mediator dalam menerapkan prinsip-prinsip rencana tersebut.

Hamas sebelumnya pada Senin mengatakan bahwa mereka hanya bersedia menerima kesepakatan yang akan menjamin berakhirnya perang di Gaza, sementara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa ia bertekad untuk melanjutkan perang melawan Hamas.

"Hamas menyambut baik apa yang termasuk dalam resolusi Dewan Keamanan yang menegaskan gencatan senjata permanen di Gaza, penarikan sepenuhnya, pertukaran tahanan, rekonstruksi, kembalinya para pengungsi ke daerah tempat tinggal mereka, penolakan terhadap perubahan demografi atau pengurangan wilayah Jalur Gaza, dan pengiriman bantuan yang dibutuhkan untuk rakyat kami di Jalur Gaza," kata kelompok militan itu dalam sebuah pernyataan.

Presiden AS Joe Biden menguraikan kesepakatan gencatan senjata bulan lalu dan membayangkan gencatan senjata secara bertahap, yang pada akhirnya mengarah pada penghentian perang secara permanen.