Logo Bloomberg Technoz

DK PBB Adopsi Resolusi AS yang Dukung Gencatan Senjata Gaza

News
11 June 2024 07:10

Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)
Konflik Israel Hamas di wilayah Palestina. (Dok: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) mengadopsi resolusi yang dirancang AS untuk mendukung rencana gencatan senjata untuk perang Israel-Hamas. Ini sebuah dorongan yang merupakan bagian dari kampanye luas Washington untuk menjaga momentum untuk proposal yang belum sepenuhnya disetujui oleh kedua belah pihak.

Resolusi ini disahkan dengan suara 14-0 pada Senin (10/6/2024) dengan Rusia abstain. Resolusi ini menyambut baik proposal gencatan senjata yang didukung AS yang diumumkan oleh Presiden Joe Biden pada 31 Mei, dan mendesak Hamas untuk menerimanya--sambil menyatakan bahwa Israel telah melakukannya. Resolusi ini juga meminta semua anggota PBB untuk mendukung implementasinya.

"Pertempuran dapat berhenti hari ini," kata Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield. "Hamas sekarang dapat melihat bahwa komunitas internasional bersatu."

Dalam sebuah pernyataan setelah pemungutan suara, Hamas menyambut baik pengesahan resolusi tersebut dan menekankan "kesiapannya untuk bekerja sama" dengan para mediator dalam menerapkan gencatan senjata permanen.