Logo Bloomberg Technoz

"Kalau [tidak ekonomis], [lahan INCO] itu kita relinquish, [karena] sebagian punya mereka enggak sesuai dengan komitmen," ujar Erick saat ditemui di Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Akhirnya, harga 14% saham INCO yang dilepas ke PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) ditetapkan sebesar Rp3.050/lembar saham.

5 Strategi Usai IUPK

Febriany mengatakan melalui kepastian hukum dari pemerintah berupa penerbitan IUPK hingga 2035, INCO bakal menerapkan 5 strategi. 

Pertama, mengoptimalkan nilai sumber daya (resources value), di mana perseroan bakal melakukan eksplorasi masif di lahan konsesi serta membangun rencana jangka panjang untuk seluruh wilayah INCO ke depan. 

Kedua, menyelesaikan tiga proyek investasi di Pomalaa, Bahodopi dan Sorowako dengan tepat waktu, tepat biaya dan selesai dengan aman. 

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan investasi 3 proyek smelter nikel di Indonesia mencapai US$9,2 miliar. 

Ketiga, perencanaan untuk hilirisasi dan sirkularitas dari ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). 

"Keempat, mengoptimalkan produktivitas Sorowako, ini tidak boleh lupa, semua 3 proyek tersebut, segala sesuatunya akan di-funded dari Sorowako. Sorowako harus jadi operation yang sehat, berkelas dunia, dan mengoptimalkan produktivitas," ujarnya. 

Kelima, mendorong agenda environmental, social and governance (ESG). 

(wep)

No more pages