Logo Bloomberg Technoz

BP Tapera Respons Usulan Rusun Jadi Alternatif Program Tapera

Muhammad Fikri
11 June 2024 05:33

Suasana rumah yang tidak terawat di perumahan subsidi Villa Kencana Cikarang, Kab Bekasi, Rabu (5/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Suasana rumah yang tidak terawat di perumahan subsidi Villa Kencana Cikarang, Kab Bekasi, Rabu (5/6/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisaris Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Heru Pudyo Nugroho merespons terkait rencana pemberian rumah susun (rusun) yang diberikan kepada masyarakat melalui program Tapera yang ditempatkan di dalam atau luar Jabodetabek.

Menurut Heru, penempatan lokasi rusun juga perlu dipertimbangkan agar dapat mempermudah para penerima manfaat dari program tersebut.

“Dalam operasional asimilasi Tapera, harus relate kepada kebijakan di sisi perumahan dan kawasan permukiman. Makanya ini juga gak mudah, jadi ini memang satu kesatuan holistik dalam ekosistem perumahan” kata Heru di usai lakukan pertemuan dengan Ombudsman RI, di Kantor BP Tapera, Senin (10/6/2024).

Ia mengatakan bahwa badan pengelola akan melakukan peninjauan lebih lanjut untuk mempertimbangan terkait dengan lokasi maupun pembiayaan rumah hasil dari program Tapera.

“Tentunya nanti berbagai stakeholder terkait juga akan dilibatkan ya dalam proses-proses regulasi selanjutnya. Seperti tadi aspek availability, affordability, accessibility,” jelas dia.