Logo Bloomberg Technoz

Pertamina & Bulog Ekspansi, Jokowi Sebut Hal Biasa

Mis Fransiska Dewi
10 June 2024 19:30

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk mengarahkan sejumlah akuisisi perusahaan BUMN ke pasar internasional, yakni PT Pertamina (Persero) ke Brasil dan Perum Bulog ke Kamboja. Menurut Jokowi, sebagai perusahaan multinasional, ekspansi ke luar negeri adalah hal biasa. Apalagi bila langkah yang dilakukan dapat menguntungkan perusahaan sekaligus negara.

“Ekspansi keluar itu adalah hal yang biasa untuk keuntungan perusahaan,” terang Jokowi usai menghadiri ulang tahun Hipmi, Senin (10/6/2024).

Ekspansi yang dilakukan Pertamina dan Bulog, kata Jokowi, sejalan dengan masa depan ekonomi dan bisnis, tepatnya masa depan dunia yang sedang bergerak menuju ekonomi hijau.

“Untuk melihat masa depan ekonomi dan bisnis ada di mana saya kira proses yang dilakukan Pertamina sekarang ini menuju ke sana,” tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan Perum Bulog untuk mengakuisisi perusahaan di Kamboja agar  memberikan kepastian stok cadangan beras di Tanah Air.