Logo Bloomberg Technoz

Pastikan Tranformasi Sepak Bola RI, PSSI Akan Gelar Liga 4

Septiana Ledysia
10 June 2024 20:50

Erick Thohir saat Kemenangan Timnas Garuda lawan Vietnam (Dok. PSSI)
Erick Thohir saat Kemenangan Timnas Garuda lawan Vietnam (Dok. PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memastikan transformasi Liga Indonesia akan segera dilakukan.

Di acara Kongres Biasa PSSI 2024, Erick Tohir yang merupakan ketua PSSI juga mengatakan akan membentuk Liga 4 sebagai bentuk terobosan demi kemajuan sepak bola Indonesia. Langkah itu dinilai akan menjadi terobosan guna meningkatkan mutu sepak bola Tanah Air.

"Liga harus bisa bertransformasi. Ada yang salah jika liga kita sekarang nomor 28 di Asia dan nomor 6 di Asia Tenggara. Jika liga 1 dan 2 harus bertransformasi, maka liga 3 dan 4 harus terus didorong dengan perbaikan manajemen liga. Oleh sebab itu saya minta seluruh stakeholder mendukung niat baik ini. Harus ada terobosan. Jika ada yang tidak mau, ya jangan salahkan jika tertinggal," ujar Erick dilansir dari situs resmi PSS, Senin (10/6/2024).

Erick juga mengatakan, kehadiran Liga 4 bisa menjadi opsi mencari bibit-bibit terbaik pesepak bola Indonesia. Disebutkan, kompetisi sepak bola Indonesia saat ini masih kurang secara kuantitas.

Saat ini kompetisi sepak bola Indonesia hanya ada di Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Erick berencana Liga 4 juga untuk menaikkan terobosan di sepak bola Indonesia. Nantinya, akan ada penambahan kuota pemain asing menjadi delapan nama setiap klub Liga 1 2024/2025.