Logo Bloomberg Technoz

72 Ribu Volvo EX30 Ditarik karena Masalah Perangkat Lunak

News
10 June 2024 19:10

Mobil listrik SUV Volvo EX30 ditampilkan saat peluncurannya di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)
Mobil listrik SUV Volvo EX30 ditampilkan saat peluncurannya di Milan, Italia, Rabu (7/6/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)

Rafaela Lindeberg - Bloomberg News

Bloomberg, Volvo Car AB menarik kembali hampir 72.000 unit model andalan barunya EX30 yang sepenuhnya elektrik (listrik) karena masalah perangkat lunak.

Saham produsen mobil tersebut turun hingga 3,5% pada perdagangan awal di Stockholm setelah berita bahwa kendaraan tersebut mungkin memiliki kesalahan pada layar tengah yang menyebabkan speedometer masuk ke mode uji saat mobil dinyalakan. 

Menurut Volvo dalam sebuah pernyataan, Senin (10/6/2024) mengatakan, untuk memperbaiki gangguan tersebut, diperlukan pembaruan perangkat lunak over-the-air.

Masalah ini, pertama kali dilaporkan oleh situs web Swedia Carup, muncul pada saat yang tidak tepat bagi Volvo, yang telah berjuang dengan perangkat lunak untuk kendaraan yang semakin terkomputerisasi. Tahun lalu, Volvo harus menunda peluncuran model EX90 karena perangkat lunaknya belum memenuhi standar.