Logo Bloomberg Technoz

Thailand Ingin Tingkatkan PDB 2024 jadi 3% dari Pariwisata

News
10 June 2024 19:00

Pejalan kaki menggunakan payung saat suhu tinggi di Pasar Chatuchak, Bangkok, Thailand, Minggu (28/4/2024). (Andre Malerba/Bloomberg)
Pejalan kaki menggunakan payung saat suhu tinggi di Pasar Chatuchak, Bangkok, Thailand, Minggu (28/4/2024). (Andre Malerba/Bloomberg)

Suttinee Yuvejwattana dan Pathom Sangwongwanich - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand mengandalkan tambahan 1 juta kedatangan turis asing dan percepatan pengeluaran pemerintah untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi tahun ini menjadi yang tercepat dalam enam tahun terakhir.

Negara ini menargetkan 36,7 juta wisatawan tahun ini, 1 juta lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya untuk membantu meningkatkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) menjadi 3%, kata Menteri Keuangan Pichai Chunhavajira kepada wartawan setelah pertemuan para menteri ekonomi pada hari Senin. 

Proyeksi PDB terbaru ini lebih tinggi dari perkiraan oleh badan perencanaan dan bank sentral, dan akan menjadi laju tercepat sejak 2018 jika terwujud.

Pichai mengatakan pemerintah juga berjanji untuk lebih dari dua kali lipat tingkat penyerapan anggaran sebesar 850 miliar baht (Rp376 triliun) yang telah dialokasikan untuk investasi publik pada tahun fiskal yang berakhir 30 September. Targetnya adalah meningkatkan tingkat tersebut hingga setidaknya 70% dari laju saat ini sekitar 41%.