Logo Bloomberg Technoz

Adapun harga intraday siang tadi merupakan yang terendah sepanjang masa, atau sejak listing di pasar modal Indonesia. GOTO diketahui menetapkan harga saham saat IPO di Rp338/saham, yang artinya telah terjadi kemerosotan nyaris 84% sejak perusahaan berstatus Perusahaan Terbuka, atau hanya dalam dua tahun perdagangan.

Sementara sepanjang tahun berjalan 2024 (year-to-date/ytd) penurunan GOTO sudah mencapai 34%.

Tak hanya sampai di situ, harga saham sekaligus menjadi yang ‘Terburuk’ dibandingkan dengan saham sejenis di industrinya. Volume transaksi dari masifnya tekanan jual juga menjadi yang tertinggi dibanding rata-rata volume transaksi selama 20 hari perdagangan, menyentuh Rp12,29 miliar saham.

Salah satu sebab koreksinya saham GOTO yang begitu drop adalah investor asing gencar melego saham GOTO belakangan ini. Berlangsung terus menerus tanpa ada katalis untuk menahannya.

Tercatat pada perdagangan sepanjang Juni 2024 saja, saham GOTO sudah dilakukan aksi jual bersih (net Sell) mencapai Rp197,91 miliar. Lebih jauh, sepanjang empat minggu perdagangan atau sejak pertengahan Mei, saham GOTO gencar diobral hingga mencetak angka Net Sell mencapai Rp245,65 miliar.

Mencermati lebih lanjut, terungkap GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) memutuskan untuk menunda pembahasan mata acara pentingnya, yaitu rencana Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD/non-HMETD) atau Private Placement yang digadang-gadang akan sebanyak 10% saham.

“Perusahaan menunda mata acara Rapat keenam yaitu–Persetujuan atas peningkatan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu sebanyak-banyaknya 10% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan (PMTHMETD),” tulis pernyataan GOTO dalam keterbukaan informasi resmi pada Jumat kemarin.

Sehingga GoTo Gojek Tokopedia telah menghapuskan Keterbukaan Informasi terkait rencana PMTHMETD yang bersinggungan dengan hal tersebut.

Dipaparkan juga, GOTO akan mengajukan kembali persetujuan atas rencana PMTHMETD pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang akan dilakukan oleh Perusahaan jauh di kemudian hari, belum terlihat pasti kapan, yang terang bukan pada 11 Juni besok.

“Oleh karenanya, seluruh referensi terhadap rencana PMTHMETD telah kami hapuskan dalam Keterbukaan Informasi ini,” jelasnya.

(fad/wep)

No more pages