Logo Bloomberg Technoz

Tanggapan Sri Mulyani atas 14 Temuan BPK di Lapkeu Kemenkeu

Azura Yumna Ramadani Purnama
10 June 2024 17:50

Gedung Kementerian Keuangan. (Dok kemenkeu.go.id)
Gedung Kementerian Keuangan. (Dok kemenkeu.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti soal 14 temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait laporan keuangan (lapkeu) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada tahun 2023.

Ia menjelaskan meskipun temuan BPK tidak mempengaruhi peringkat laporan keuangan Kemenkeu yang mendapatkan kualifikasi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pihaknya telah membuat tim khusus dengan BPK untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

"Untuk catatan BPK meskipun tak pengaruhi WTP tetap kita follow up [tindak lanjuti] Pak, karena kami dengan BPK membuat tim kontinuitas dari catatan dan temuan BPK," kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan komisi XI DPR RI, Senin (10/6/2024).

Sebelumnya anggota Komisi XI DPR RI Fauzi Amro memberi pertanyaan kepada Bendahara Negara terkait 14 temuan BPK atas laporan keuangan Kemenkeu pada tahun 2023, menurutnya meskipun Kemenkeu mendapatkan tujuh kali WTP, namun hal ini tetap perlu dipertanyakan.

"Dari catatan kami yang krusial adalah penyelesaian piutang negara, pemberian pinjaman tidak optimal, itu temuan yang mencolok dari 14 temuan," kata Fauzi saat bertanya kepada Sri Mulyani.