Logo Bloomberg Technoz

Adapun di pasar obligasi negara, imbal hasil SBN di semua tenor terpantau naik menandai tekanan jual yang melanda pasar. Tenor pendek 2Y sore ini terpantau di 6,658%, sedang tenor 5Y di 6,925%, tenor 10y di 6,965% dan tenor 15Y kini di 7,010%.

Rupiah juga tertekan hasil rilis Survei Konsumen terakhir yang mencatat penurunan Indeks Keyakinan Konsumen Indonesia pada Mei akibat penurunan kondisi keuangan saat ini dan ekspektasi kondisi perekonomian ke depan.

Hasil survei memotret, konsumen menilai kondisi perekonomian Indonesia saat ini dinilai lebih buruk ketimbang enam bulan yang lalu, terutama akibat kondisi penghasilan yang menurun dan lapangan kerja yang sempit, sehingga tingkat keyakinan masyarakat RI terhadap situasi ekonomi ke depan jadi terkikis.

Semua kelas masyarakat Indonesia mengalami penurunan kondisi penghasilan terutama kelas menengah bawah. Berdasarkan hasil survei, kelas menengah bawah yang memiliki pengeluaran Rp2,1 juta hingga Rp4 juta per bulan, mencatat penurunan indeks penghasilan saat ini paling tajam pada Mei yaitu hingga 8 poin. Sementara kelompok di bawahnya, pengeluaran Rp1 juta-Rp2 juta, tergerus tipis. Sedangkan konsumen dengan pengeluaran di atas Rp4 juta dan di atas 5 juta, juga turun 1,4 poin dan 4,4 poin. 

Masyarakat Indonesia juga semakin turun pengeluaran konsumsinya setelah musim Lebaran berlalu. Berdasarkan hasil survei yang sama, pada Mei 2024, alokasi pendapatan konsumen di Indonesia yang digunakan untuk konsumsi (average propensity to consume ratio) turun jadi 73% dari bulan sebelumnya 73,6%. 

Pada saat yang sama, alokasi pengeluaran untuk pembayaran utang atau cicilan naik dari 9,7% pada April menjadi 10,3% pada bulan lalu. Sementara alokasi pendapatan untuk tabungan masih stabil di kisaran 16,6%.

(rui)

No more pages