Logo Bloomberg Technoz

Beberapa fitur yang paling ramai dibicarakan mungkin adalah fitur yang tidak berfokus pada AI, seperti fitur yang membuat iPhone lebih mudah dikustomisasi dan menyempurnakan Apple Watch. Juru bicara perusahaan menolak berkomentar tentang rencana tersebut.

Perangkat dan pengumuman yang akan muncul di WWDC 2024 dari Apple

Fitur AI

  • Pendekatan Apple terhadap AI akan melibatkan pengintegrasian teknologi ke dalam sebanyak mungkin aplikasinya, dengan cara yang secara ideal memudahkan kehidupan sehari-hari pelanggan. Apple tidak terlalu fokus pada teknologi canggih - seperti pembuatan gambar dan video - dan lebih berkonsentrasi pada fitur-fitur yang memiliki daya tarik yang luas. 

  • Kemampuan baru ini akan bersifat opsional. Berarti Apple tidak akan memaksa pengguna untuk mengadopsinya jika mereka tidak menginginkannya. Perusahaan juga akan memposisikannya sebagai versi beta. Persyaratan pemrosesan AI akan berarti bahwa pengguna membutuhkan iPhone 15 Pro atau salah satu model yang keluar tahun ini. Jika mereka menggunakan iPad atau Mac, mereka akan membutuhkan model dengan chip M1.

  • Fitur AI Apple akan didukung oleh teknologi dan perangkat dari OpenAI. Layanan ini akan bergantung pada pemrosesan di perangkat atau komputasi berbasis cloud, tergantung pada kecanggihan tugas yang dihadapi. Sistem operasi baru ini akan menyertakan algoritmA untuk menentukan pendekatan mana yang harus diambil untuk tugas tertentu.

  • Usai bertahun-tahun tidak menyarankan penggunaan server cloud untuk memproses data - dan bahkan menghukum para pesaingnya yang melakukan hal tersebut - Apple berisiko memicu kontroversi dengan menggunakan cloud untuk AI. Lantas, sebagian besar pengumumannya akan berfokus pada tindakan pencegahan yang dilakukan perusahaan, termasuk fitur keamanan pada chip yang digunakan di pusat datanya. Apple juga tidak akan membuat profil pengguna berdasarkan data pelanggan, dan perusahaan akan membuat laporan untuk menunjukkan bahwa informasi konsumen aman dan tidak dijual atau dibaca. Pada saat yang sama, Apple masih akan menggembar-gemborkan keunggulan pemrosesan di perangkat—jika tersedia.

  • Komponen utama dari dorongan AI adalah summarization. Apple merencanakan fitur yang dapat dengan cepat merangkum artikel dan halaman web di browser Safari. Fitur ini juga akan dapat meringkas catatan rapat, pesan teks, dan email. Apple juga merencanakan fitur pengejaran untuk notifikasiterlewat, yang memungkinkan pengguna dengan cepat memahami apa yang mereka lewatkan ketika mereka tidak melihat ponsel mereka. 

  • Rekomendasi atas balasan pesan. iPhone akan dapat secara otomatis membuat tanggapan yang lengkap untuk email dan pesan teks atas nama pengguna. 

  • Siri juga akan menjadi bagian dari dorongan AI yang baru, dengan Apple merencanakan perombakan pada layanan kontrol suaranya berdasarkan model bahasa yang besar - teknologi inti di balik AI generatif. Untuk pertama kalinya, pengguna Siri akan dapat memiliki kontrol yang tepat atas fitur dan tindakan individu dalam aplikasi. Misalnya, pengguna akan dapat memerintahkan Siri untuk menghapus email, mengedit foto, atau meringkas artikel berita. Seiring berjalannya waktu, Apple akan mengembangkannya ke aplikasi pihak ketiga dan memungkinkan pengguna untuk merangkai beberapa perintah menjadi satu permintaan. Namun, fitur-fitur ini sepertinya tidak akan hadir sampai tahun depan.

  • Xcode, perangkat software Apple untuk mengembangkan aplikasi mendapatkan pengembangan AI yang besar. Ini akan bekerja mirip dengan GitHub Copilot milik Microsoft Corp, yang dapat menyelesaikan kode untuk para programmer secara otomatis. Meskipun Apple telah menggunakan alat pengembang baru ini secara internal, namun tampaknya Apple tidak akan merilisnya dalam bentuk penuh kepada pengembang pihak ketiga hingga tahun depan.

  • ‘Mail’ juga mendapatkan peningkatan besar. Ini akan mencakup fitur mirip Gmail yang secara otomatis mengkategorikan pesan yang masuk. 

  • Salah satu fitur yang mungkin akan mendapatkan banyak perhatian di antara Gen Z — dan mungkin juga seluruh populasi — adalah emoji yang dibuat oleh AI. Fitur ini akan menggunakan AI untuk membuat karakter emoji khusus dengan cepat yang mewakili frasa atau kata yang sedang diketik. Itu berarti akan ada lebih banyak pilihan daripada yang ada di database emoji standar yang telah lama ada di iPhone. 

  • Voice Memo berkukuatan AI akan sangat dibutuhkan. Pperusahaan menambahkan kemampuan untuk menyalin rekaman secara otomatis. Ini adalah fitur yang telah dimiliki oleh perangkat Google Pixel dan banyak aplikasi perekaman suara pihak ketiga selama bertahun-tahun. 

  • AI di aplikasi Foto lewat  penyematan kemampuan baru ke dalam pengeditan foto. Hal itu akan memudahkan untuk menyempurnakan gambar atau menghapus orang atau objek dari bingkai.

Peningkatan Perangkat Lunak Apple Lainnya

  • Selama beberapa dekade, tim desain industri Apple mendikte tampilan dan nuansa semua produk perusahaan, memastikan bahwa software yang berjalan di perangkat sesuai dengan acuan dan kesederhanaan perangkat keras. Sekarang, pelanggan akan mendapatkan lebih banyak suara. Pada sistem operasi iPhone terbaru - iOS 18, dengan  kode Crystal - ikon aplikasi tidak lagi harus berada dalam kisi-kisi yang rapi. Sebaliknya, pengguna  dapat menempatkan ikon di mana pun mereka memilih di layar beranda atau home screen. Kemudian, warna ikon akan dapat disesuaikan untuk pertama kalinya. Ini berarti pengguna dapat membuat semua aplikasi media sosial mereka berwarna biru atau ikon yang berhubungan dengan keuangan berwarna hijau. Secara keseluruhan, ini dianggap sebagai peningkatan terbesar pada layar beranda dalam 17 tahun sejarah iPhone.
  • Control Center, bagian inti lain dari sistem operasi iPhone, akan mendapatkan pembaruan antarmuka. Ini memungkinkan tombol shortcut diatur ulang dalam tampilan Control Center itu sendiri dan ditempatkan di beberapa halaman. Selain itu, akan ada pula widget musik baru dan antarmuka yang diperbarui untuk mengendalikan peralatan rumah tangga pintar.
  • Menu Settings atau Pengaturan, yang secara umum tidak berubah sejak versi pertama iPhone, akan diperbarui di iOS, iPadOS dan macOS dengan fokus pada navigasi yang lebih baik, pengaturan yang lebih baik, dan pencarian yang lebih andal.
  • Aplikasi Pesan mendapatkan beberapa penyesuaian non-AI, termasuk perubahan pada fitur efek - fitur yang memungkinkan Anda mengirim beberapa efek visual kepada orang yang Anda kirimi pesan. Pengguna sekarang akan dapat memicu efek dengan kata-kata tertentu, bukan dengan keseluruhan pesan. Akan ada ikon warna-warni baru untuk Tapback, yang memungkinkan Anda merespons pesan dengan cepat dengan tanda hati, tanda seru, atau karakter lain (saat ini berwarna abu-abu). Pengguna akan memiliki kemampuan untuk melakukan Tapback pesan dengan emoji apa pun. Ada fitur lain yang sering diminta yang akan hadir: kemampuan untuk menjadwalkan pesan untuk dikirim nanti. Dan Apple mengumumkan pada bulan November lalu bahwa mereka akan menghadirkan RCS - atau layanan komunikasi yang kaya - ke iPhone akhir tahun ini, membalikkan sikap yang telah lama dipegang. Hal ini akan mempermudah berbagi pesan dengan pengguna Android.
  • Apple meluncurkan aplikasi Passwords untuk iOS 18, iPadOS 18 dan macOS 15. Kecanggihannya dapat menawarkan alternatif dari layanan 1Password dan LastPass. Pada dasarnya, ini adalah versi aplikasi dari fitur iCloud Keychain yang sudah lama ada, yang saat ini disembunyikan di aplikasi Pengaturan.
  • Apple telah merombak aplikasi Kalkulator dan membawanya ke iPad untuk pertama kalinya. Di iPad dan Mac, aplikasi ini akan menggunakan antarmuka keseluruhan yang sama - dengan tombol bulat - seperti versi iPhone yang ada.
  • The Health atau aplikasi Kesehatan mendapatkan beberapa peningkatan, termasuk manajemen data tekanan darah yang lebih baik - sebagai persiapan untuk Apple Watch yang akan datang yang memiliki deteksi hipertensi. Ini akan ada dukungan untuk fitur tes pendengaran baru pada AirPods Apple. Earbud  akan mendapatkan fitur alat bantu dengar baru, tetapi ini mungkin baru akan diumumkan akhir tahun ini. Sementara itu, aplikasi Kesehatan akan menyesuaikan data dengan lebih baik, seperti pelacakan siklus, jika seseorang sedang hamil.
  • Update watchOS 11, dengan kode Moonstone, akan menambahkan antarmuka Siri yang diperbarui yang secara unik memformat tanggapan tergantung pada jenis kueri. Ada juga perubahan besar yang hadir pada beberapa aplikasi utama seperti Fitness.
  • Safari di macOS 15, dengan kode Glow, akan mendapatkan beberapa perubahan, tetapi tampaknya tidak mungkin Apple akan meluncurkan pemblokir iklannya sendiri - sesuatu yang telah dilaporkan sebagai sebuah kemungkinan. Para pengiklan telah menolak keras Apple’s App Tracking Transparency, atau ATT, di iOS 14 beberapa tahun yang lalu, dan perusahaan ini tidak perlu pusing lagi dengan masalah privasi.
  • Perangkat Apple mendapatkan paket wallpaper baru, termasuk versi Mac yang mengacu pada ikon dan slogan old school. Wallpaper iPhone akan memiliki opsi yang terlihat mirip dengan wallpaper awal pada ponsel.
  • Sementara Vision Pro, tidak akan mendapatkan perombakan besar-besaran dengan visionOS 2 - dengan nama kode Constellation - tetapi software akan menyertakan fitur-fitur seperti lingkungan baru, aplikasi Passwords, dan perangkat lunak iPad versi Vision Pro. Hal ini akan membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Secara keseluruhan, perangkat lunak ini lebih berfokus pada mengisi kekurangan dari versi pertama daripada membuat terobosan baru.

Perangkat Hardware yang rilis di masa depan

WWDC biasanya berfokus pada perangkat software, namun Apple juga menggunakan konferensi ini untuk memperkenalkan perangkat. Tahun lalu, Apple memamerkan Vision Pro untuk pertama kalinya. Sepertinya kali ini, kita berada dalam jeda di antara perilisan. Gelombang perangkat berikutnya diperkirakan tidak akan hadir hingga musim gugur, jadi seharusnya tidak ada pengumuman perangkat keras baru nanti.

Meski begitu konferensi ini akan menyiapkan panggung untuk apa yang akan datang. Fitur kesehatan baru akan menjadi hal mendasar untuk Apple Watch yang ditingkatkan pada musim gugur. Peningkatan AirPods baru akan menjadi inti dari beberapa model baru yang akan hadir akhir tahun ini. Sementara itu, fitur AI akan membantu Apple menjual iPhone dan Mac baru dengan chip yang ditingkatkan selama tahun depan dan seterusnya.

(bbn)

No more pages