Logo Bloomberg Technoz

Konsumsi Bahan Bakar RI Diramal Naik 2% Tahun Ini

Redaksi
10 June 2024 16:20

Kilang Gas. (Sumber: Bloomberg)
Kilang Gas. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Produksi dan konsumsi bahan bakar fosil di Indonesia pada tahun ini diproyeksi masih bertumbuh 2%, ditopang oleh tingginya permintaan terhadap segmen gas minyak cair atau liquefied petroleum gas (LPG) dan bahan bakar jet.

Berdasarkan laporan BMI, lengan riset Fitch Solutions, produksi bahan bakar olahan dari industri pengilangan diperkirakan meningkat pada2024 seiring dengan penambahan kapasitas pengilangan di kilang Balikpapan. Sebagian besar pasokan bahan bakar tambahan akan terkonsentrasi pada solar dan bensin.

“Kami memperkirakan pemulihan konsumsi produk minyak dan penambahan kapasitas penyulingan akan mendorong produksi minyak mentah di kilang. Namun, kapasitas penyulingan Indonesia masih belum mencukupi untuk memenuhi permintaan produk minyak dalam negeri,” papar tim peneliti BMI, dikutip Senin (10/6/2024).

Kilang Minyak. (dok Bloomberg)

Produksi minyak mentah kilang diperkirakan akan meningkat pada 2024 ketika proyek perluasan kilang Balikpapan mulai beroperasi.

“Kami memperkirakan pertumbuhan kapasitas pengilangan akan terhenti jika Pertamina tidak dapat mengimplementasikan 300.000 kilang Tuban yang masih baru dengan Rosneft milik Rusia sebelum akhir dekade ini,”  terang mereka.