Logo Bloomberg Technoz

Narendra Modi Dilantik Jadi PM India untuk Periode Ketiga

News
10 June 2024 11:10

Narendra Modi dilantik sebagai PM India untuk periode ketiga. (Sumber: Bloomberg)
Narendra Modi dilantik sebagai PM India untuk periode ketiga. (Sumber: Bloomberg)

Swati Gupta - Bloomberg News

Bloomberg, Narendra Modi dilantik sebagai perdana menteri India untuk ketiga kalinya berturut-turut pada Minggu (09/06/2024), memperpanjang kepemimpinannya selama lima tahun lagi setelah dipaksa berbagi kekuasaan untuk pertama kalinya.

Modi dilantik dalam sebuah upacara di kediaman presiden di pusat New Delhi di hadapan sekitar 8.000 tamu, termasuk pemimpin dari Bangladesh, Sri Lanka, dan negara tetangga lainnya, taipan bisnis seperti Mukesh Ambani, dan bintang Bollywood.

Beberapa menteri dari kabinet lama Modi juga mengambil sumpah jabatan, meskipun jabatan baru mereka belum diketahui. Di antara mereka adalah Amit Shah, sekutu utama Modi yang sebelumnya menjabat sebagai menteri dalam negeri, Rajnath Singh yang memimpin pertahanan, dan Nitin Gadkari yang bertanggung jawab atas transportasi. Nirmala Sitharaman dan Subrahmanyam Jaishankar, yang sebelumnya memimpin kementerian keuangan dan luar negeri, juga dilantik.

Pelantikan perdana menteri ini menutup hari-hari perebutan kekuasaan yang intens di ibu kota setelah Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Modi kehilangan mayoritas mutlak di majelis rendah parlemen setelah pemilu selama enam minggu. Kekalahan ini memaksa BJP membentuk pemerintahan dalam koalisi dengan sekutunya, memungkinkan Modi kembali menjadi perdana menteri negara terpadat di dunia tersebut tetapi dengan kekuatan politik yang berkurang dan bergantung pada mitranya.