Logo Bloomberg Technoz

Kesimpulan Penting Data Tenaga Kerja AS yang Kejutkan Pasar

Ruisa Khoiriyah
10 June 2024 08:10

Ilustrasi tenaga kerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi tenaga kerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Amerika Serikat (AS) telah melaporkan data terbaru tingkat pengangguran dan penambahan lapangan kerja pada Mei yang mengejutkan pasar dengan cara yang tak disangka.

Tingkat pengangguran naik menyentuh 4%, melampaui ekspektasi pasar yang memperkirakan angkanya masih akan stabil di 3,9%, sama dengan bulan sebelumnya. Sementara penambahan lapangan kerja jauh melampaui prediksi pasar yang hanya memperkirakan penambahan 180.000 lapangan kerja. Faktanya, pada Mei lalu, lapangan kerja di AS bertambah 272.000 pekerjaan.

Sementara pendapatan rata-rata per jam pekerja di AS naik 0,4% dari April dan secara tahunan naik 4,1%. 

Data-data ketenagakerjaan AS yang mengejutkan itu tak ayal menjadi alasan bagi pasar untuk semakin gugup memasuki pekan ini ketika Federal Reserve (The Fed) akan menggelar pertemuan Komite Terbuka (FOMC) dan mengumumkan hasilnya pada Kamis nanti. 

Pasar sejauh ini sudah menghapus ekspektasi penurunan bunga The Fed, Fed fund rate (FFR) bulan ini. Sementara harapan penurunan pada September-November dan Desember turut pupus dengan probablitas di bawah 50%.