Logo Bloomberg Technoz

Kalender Ekonomi Sepekan: 'All Eyes on' FOMC The Fed, Inflasi AS

Ruisa Khoiriyah
10 June 2024 07:20

Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua Bank Sentral AS (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sepekan ke depan, kalender ekonomi para pelaku pasar global akan sangat padat dengan berbagai jadwal rilis data penting yang menentukan arah pasar ke depan.

Yang sudah pasti ditunggu-tunggu adalah pengumuman rilis data inflasi Mei Amerika Serikat (AS) dan hasil dari rapat Komite Terbuka Federal Reserve (FOMC) yang juga dilangsungkan pekan ini. 

Pasar sejauh ini bulat memperkirakan bunga The Fed akan dipertahankan di level 5,5%. Namun, pernyataan Jerome Powell, Gubernur The Fed, dalam konferensi pers akan menjadi perhatian utama pasar yang masih mencari sinyal lebih banyak tentang prospek bunga acuan AS ke depan.

Sementara dari Asia, perhatian pelaku pasar akan terarah ke Negeri Sakura di mana bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ) akan menggelar rapat bulanan penentuan kebijakan moneter yang juga menentukan arah pasar dunia.

Konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg sementara ini masih memperkirakan BoJ kembali mempertahankan bunga acuan. Namun, pasar memprediksi Gubernur Kazuo Ueda kemungkinan akan melempar sinyal kenaikan untuk pertemuan Juli.