Logo Bloomberg Technoz

Wakili Jokowi, Prabowo Berangkat ke Yordania Hadiri KTT Gaza

Redaksi
10 June 2024 05:50

Prabowo Subianto, presiden terpilih Indonesia, berbicara pada Dialog IISS Shangri-La di Singapura, pada Sabtu (1/6/2024)./Bloomberg-Ore Huiying
Prabowo Subianto, presiden terpilih Indonesia, berbicara pada Dialog IISS Shangri-La di Singapura, pada Sabtu (1/6/2024)./Bloomberg-Ore Huiying

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto berangkat menuju Yordania untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) “Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza" atau “Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza”. Menteri Pertahanan tersebut akan hadir mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jokowi menerima undangan KTT darurat Gaza dari Presiden Mesir Abdul Fattah as-Sisi; Raja Yordania Abdullah II bin Al Hussein, dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), Antonio Guterres, pada 30 Mei lalu. KTT akan digelar mulai Selasa (11/6/2024).

“Dengan kehadiran perwakilan dari pemerintah Indonesia dalam konferensi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama mengatasi krisis kemanusiaan di Gaza,” ujar Kepala Biro Humas Sekretariat Jendera Kemhan, Brigadir Jenderal Edwin Adrian Sumantha, Senin (10/6/2024).

Prabowo sendiri sudah mengatakan akan mewakili Jokowi pada KTT soal Gaza usai bertemu Jokowi, Kamis lalu. Menurut dia, presiden memintanya hadir untuk ikut membahas kondisi Gaza dengan negara-negara internasional. Dia juga mengklaim dapat tugas untuk menyiapkan tenaga kesehatan dan rumah sakit darurat di Jalur Gaza.

Dia juga menjelaskan akan berangkat lebih awal dibandingkan pelaksanaan acara KTT sesuai dengan perintah Jokowi. "Ditugaskan saya untuk berangkat ke Yordania menghadiri KTT masalah Gaza dan beliau [Jokowi] juga instruksi kepada saya untuk berusaha mampir dulu di Arab Saudi," kata Prabowo.