Logo Bloomberg Technoz

Saudi Serahkan 60% Saham Aramco kepada Asing, Setara US$11,2 M

News
09 June 2024 18:30

Aramco (Sumber: Tasneem Alsultan/Bloomberg)
Aramco (Sumber: Tasneem Alsultan/Bloomberg)

Bloomberg News, Matthew Martin and Julia Fioretti

Investor asing disebut bakal mendapat alokasi sekitar 60% saham yang ditawarkan dalam penjualan saham Saudi Aramco senilai $11,2 miliar, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, menandai perubahan haluan dari pencatatan saham raksasa minyak tersebut pada 2019.

Kesepakatan tersebut menghasilkan permintaan yang kuat dari AS dan Eropa, menurut sumber yang menolak disebutkan namanya karena informasi tersebut bersifat pribadi. Dana dari Inggris, Hong Kong dan Jepang juga mendukung penjualan saham yang menghasilkan pesanan senilai total lebih dari US$65 miliar, kata sumber tersebut.

Selama pencatatan perusahaan minyak raksasa tersebut, sebagian besar investor luar negeri menolak keras ekspektasi penilaian dan membiarkan pemerintah bergantung pada pembeli lokal. IPO senilai US$29,4 miliar menghasilkan pesanan senilai US$106 miliar, dan hanya 23% saham yang dialokasikan kepada pembeli asing.

Saham Aramco awalnya turun sebanyak 1,4% di Riyadh pada Minggu, hari pertama perdagangan setelah selesainya penawaran sekunder, sebelum menelusuri kembali kerugian pada perdagangan yang sedikit berubah.