Logo Bloomberg Technoz

Riset Ungkap Alasan Belanja Online Makin Digemari oleh Masyarakat


Ilustrasi belanja online (dok. envato)
Ilustrasi belanja online (dok. envato)

Jakarta - Sejumlah riset memberikan alasan mengapa masyarakat makin meningkatkan belanja di di e-commerce ketimbang toko fisik. Alasan utama adalah promo ongkos kirim gratis dan berbagai diskon lainnya di e-commerce.

Riset dari berbagai lembaga menyatakan kecenderungan pengguna atau konsumen belanja, salah satunnya dilatarbelakangi karena adanya insentif tarif jasa kurir dari platform ecommerce.  slah satu riset tersebut berasal dari We Are Social pada tahun ini, menggambarkan gaya belanja pengguna eCommerce di Tanah Air. 

“Ongkir gratis dan kecepatan pengiriman barang turut menjadi pertimbangan. Sebanyak 47,4% responden, menyatakan layanan ongkir gratis menjadi pilihan favorit dan menjadi alasan mereka berbelanja daring. Yang kedua, layanan Next Day (28,5 %) disukai para pengguna sehingga makin mendorong seseorang berbelanja” tulis laporan tersebut.

Riset lain menunjukkan, terdapat sejumlah alasan konsumen lebih memilih berbelanja ecommerce, dibanding secara konvensional datang ke toko fisik. Lembaga riset Populix yang fokus mengamati branding suatu perusahaan dan market analysis, menyebut, alasan responden berbelanja ecommerce salah satunya lantaran hemat tenaga dan waktu (79 %), gratis ongkos kirim (72%), harga lebih murah (62%), hingga ragam diskon belanja di eCommerce (61%).

Sementara itu, riset Kantar terbaru, hampir serupa dengan lembaga lain yang merekam gaya belanja masyarakat Indonesia kebanyakan. Yang menjadi pembeda, temuan riset itu, mengatakan pembeli di e Commerce lebih fokus pada barang apa yang ingin dibeli dan juga keinginan pengiriman barang lebih cepat.