Logo Bloomberg Technoz

Kekeran PDIP untuk Pilkada DKI: Anies, Basuki, hingga Andika

Redaksi
09 June 2024 16:00

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Balinese Water Purification Ceremony di World Water Forum di Bali, Sabtu (18/5). (Medcen WWF 2024/Aprillio Akbar)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Balinese Water Purification Ceremony di World Water Forum di Bali, Sabtu (18/5). (Medcen WWF 2024/Aprillio Akbar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengungkapkan masih banyak nama potensial yang akan mereka usung di Pilkada DKI Jakarta. Respons Hasto berkaitan nama Anies yang belakangan santer bakal diusung PDIP.

Hasto mengatakan PDIP memang membuka kemungkinan mengusung Anies di PDIP usai Ketua DPP Puan Maharani mengaku memiliki ketertarikan terhadap mantan calon presiden Pilpres 2024 tersebut. Kendati demikian, Hasto menyebut PDIP masih punya segudang nama lain.
 
Hasto mengatakan PDIP masih memiliki banyak kader internal yang berkompeten dan mampu melihat kompleksitas di Jakarta. Hasto menyebut ada Pramono Anung, Tri Rismaharini, Basuki Hadimuljono, Abdullah Azwar Anas, Hendrar Prihadi (Hendi), dan Rano Karno.

"Kami tidak kekurangan tokoh yang telah dipersiapkan oleh partai. Kami punya sekolah partai sehingga kami memiliki banyak tokoh yang siap ditugaskan," ujar Hasto kepada wartawan, Sabtu (8/6/2024) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto menggarisbawahi meskipun kader mendapat prioritas, dia menyebut PDIP tetap membuka ruang bagi pihak lain, karena proses kepemimpinan bisa disiapkan melalui jalur birokrasi, TNI/Polri, pengusaha, hingga purnawirawan.

"Jenderal TNI Purnawirawan Andika Perkasa juga masuk dalam radar calon gubernur karena pengalamannya yang luas," ujar dia.