Logo Bloomberg Technoz

PDIP Buka Peluang Usung Anies untuk Pilkada Jakarta

Pramesti Regita Cindy
08 June 2024 20:31

Anies Baswedan (Dok: Bloomberg)
Anies Baswedan (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) membuka peluang mengusulkan mantan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Gubernur Jakarta 2024. 

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah setelah dirinya bicara dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar terkait Pilkada Jakarta. Yang mana menurutnya, jika PKB kembali mengusung untuk Jakarta 1, maka PDIP juga berkemungkinan untuk mempertimbangkan hal tersebut. 

"Tentu dalam mengusung kepala daerah tentu harus ada kerja sama politik. Masuk di dalam Pilkada Jakarta, kalau kemungkinan PKB mengusung Pak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta, maka ketika kerja sama kami dengan PKB direalisasi dalam Pilkada Jakarta, sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB, dalam hal ini Pak Anies Baswedan," jelas Basarah dikutip Kompas TV, Sabtu (8/6/2024). 

Meski PDIP dapat mengusung calon gubernur dan wakil gubernur dari partainya sendiri, akan tetapi Basarah menilai bahwa dengan menggandeng partai politik lain akan jauh lebih baik. 

Meski demikian, Basarah menekankan bahwa keputusan ini belum final. Selain itu, masih banyak tahapan komunikasi yang harus dilakukan antarpartai yang bekerja sama.