Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Nilai Butuh Kerja Keras Usung Ilham Habibie di Jabar

Mis Fransiska Dewi
08 June 2024 15:30

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) Adi Prayitno menilai partai politik butuh kerja keras untuk mengusung putra sulung Presiden ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie jika dicalonkan dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Menurut Adi, nama Ilham Habibie belum muncul dalam survei di kalangan pemilih Jawa Barat (Jabar). Setelah ada sosialisasi pemasangan atribut kampanye dan lainnya, nama Ilham kemungkinan mulai perlahan dikenal.

“Problemnya, apakah popularitas dan elektabilitas Ilham akan melesat dalam enam bulan ke depan bisa kompetitif dengan RK (Ridwan Kamil) dan calon lain? Secara teori tentu sulit karena Ilham Habibie memulainya dari awal,” kata Adi saat dihubungi Jumat (7/6/2024). 

Sementara, Ridwan Kamil sebagai petahana elektabilitasnya sudah menjulang nyaris tak tertandingi. Bahkan, nama-nama populer seperti Dedi Mulyadi, Desy Ratnasari, hingga Bima Arya yang sudah malang melintang sosialisasi di Jabar, popularitas dan elektabilitasnya masih kalah jauh dari Ridwan Kamil.

Meski demikian, kata Adi, dalam politik apa pun bisa terjadi. Hal itu bergantung strategi dan kerja politik terukur serta kerja keras partai politik karena waktu yang akan menjawab segalanya.