Logo Bloomberg Technoz

Lonjakan Lapangan Kerja Picu Perdebatan The Fed Soal Suku Bunga

News
08 June 2024 14:30

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Christopher Condon - Bloomberg News 

Bloomberg, Jumlah lapangan pekerjaan yang luar biasa pada hari Jumat berpotensi memicu perdebatan yang sudah memecah belah pandangan Dewan Gubernur Federal Reserve mengenai apakah penetapan kebijakan moneter mereka memperlambat perekonomian sebanyak yang diperkirakan.

Pengusaha menambahkan 272.000 pekerjaan baru pada bulan Mei, melebihi perkiraan survei Bloomberg. Selain itu, pendapatan rata-rata per jam selama 12 bulan terakhir meningkat setelah tiga kali penurunan berturut-turut yang mulai meyakinkan bank sentral.

Meskipun angka-angka tersebut kemungkinan tidak akan mengubah ekspektasi bahwa The Fed akan terus mempertahankan suku bunga pada tingkat tertinggi dalam dua dekade ketika para pengambil kebijakan bertemu minggu depan. Hal ini akan memicu diskusi yang telah direnungkan oleh para pejabat selama berbulan-bulan – dengan beberapa pihak mengatakan akan ada kenaikan suku bunga lagi, tidak dapat dikesampingkan.

Angka-angka tersebut “membuka kembali pintu yang sedikit lebih luas pada perdebatan mengenai apakah kebijakan tersebut memang seketat yang diperkirakan oleh The Fed,” kata Jeffrey Rosenberg dari BlackRock Inc. di Bloomberg Television.