Logo Bloomberg Technoz

Menurut Lili, cara cepat untuk dikenal dapat melalui media sosial untuk menjaring anak muda. Namun Ilham juga perlu turun ke bawah (turba) ke sejumlah tokoh agama dan masyarakat karena budaya paternalistik masih kuat di beberapa daerah Jabar khususnya di pedesaan. 

Sebelumnya, surat rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh kepada Ilham Habibie di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem, Kamis (6/6/2024). 

Paloh mengatakan, penunjukan Ilham untuk maju di Pilkada Jawa Barat merupakan bagian dari pendidikan politik. Ilham adalah sosok energik yang memiliki latar belakang intelektual. Paloh pun tak menyangka putra mantan Presiden Habibie tertarik untuk bertarung dalam pilkada.

”Siapa sangka, siapa duga, orang menganggap Bung Ilham ini hanya scientist ilmuwan hanya duduk diam tetapi ketertarikannya untuk bertarung di pilkada, ini medan yang kita tahu ini tidak ringan. Medan yang bebas, memerlukan ketabahan, keuletan, kesigapan yang cukup luas tetapi ini proses learning by doing,” ucap Paloh.

Menurut Paloh, kans Ilham untuk memenangi Pilkada Jabar masih dinamis. Namun, melihat rekam jejak Nasdem di pilkada yang kerap menang di mayoritas daerah, Paloh yakin dengan peluang Ilham.

(mfd/spt)

No more pages