Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Nilai Koalisi 01 & 03 dapat Usung Ilham Habibie Lawan RK

Mis Fransiska Dewi
07 June 2024 20:40

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilsaat meresmikan revitalisasi Situ Gede, Bogor. (Dok. Humas Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilsaat meresmikan revitalisasi Situ Gede, Bogor. (Dok. Humas Jabar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli menilai koalisi paslon 01 dan 03 berpotensi mengusung putra sulung Presiden ke-3 BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie melawan Ridwan Kamil dalam Pilkada Jawa Barat 2024.

Partai Nasdem sebelumnya telah mengumumkan merekomendasikan Ilham Akbar Habibie dalam Pilkada Jawa Barat. Dalam Pilpres 2024, Nasdem bergabung dalam koalisi 01 bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan koalisi 03 terdiri dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo. 

“Dengan adanya Ilham sebagai kandidat pilkada Jawa Barat (Jabar) bisa menjadi alternatif pemilih Jabar menjadi pemimpin berikutnya. Saya kira dengan majunya Ilham bisa menarik para pendukung paslon 01 atau 03. Apalagi bila koalisi parpol 01 dan 03 bergabung,” kata Lili saat dihubungi, Jumat (7/6/2024). 

Menurut Lili, Ilham habibie merupakan sosok profesional atau teknokratik, sama seperti Ridwan Kamil sebelum terjun dalam politik praktis. Ilham juga dikenal sebagai orang yang memiliki integritas tinggi, tidak neko-neko, memiliki banyak karya dan sebagai anak Habibie menjadi daya tarik bagi warga Jabar.

Lili mengakui, meskipun Ilham anak mantan presiden namun sosok Ilham belum banyak dikenal oleh masyarakat Jabar. Ilham perlu kerja keras dan masif dalam bersosialisasi dan kerja politik yang sistematis dan terukur.