Logo Bloomberg Technoz

Hallie Biden mengatakan dia secara pribadi melihatnya menghisap kokain beberapa kali dan bahkan ikut menggunakan narkoba bersamanya selama musim panas 2018. Tetapi Hallie menjadi takut setelah menemukan pistol di mobilnya. Hallie berkata dia tidak ingin Hunter melukai dirinya sendiri atau anak-anaknya mendapatkan senjata itu, jadi dia membuangnya ke tempat sampah toko kelontong.

Hunter Biden mengakui dalam pesan singkat kepadanya tak lama setelah membeli pistol bahwa dia adalah "pecandu alkohol dan narkoba." Ini berpotensi menjadi kesaksian yang berguna bagi jaksa penuntut untuk meyakinkan juri bahwa Hunter sedang menggunakan narkoba saat membeli senjata dan mencentang "tidak" pada formulir federal yang menanyakan apakah dia pengguna narkoba ilegal.

Jaksa penuntut menunjukkan dua pesan singkat yang dikirim Hunter Biden kepada Hallie setelah dia membeli senjata pada 12 Oktober 2018. Dalam satu pesan di 23 Oktober, Hunter Biden mengatakan dia sedang menunggu "pengedar bernama Mookie" di Wilmington, Delaware. Dalam pesan pada 14 Oktober, dia menulis, "Aku sedang tidur di mobil sambil menghisap kokain." Pengacara Hunter berpendapat bahwa mungkin dia berbohong dalam pesan tersebut.

Dalam kesaksian yang dapat membantu pembelaannya, Hallie Biden tidak bisa mengatakan apakah Hunter Biden menggunakan narkoba pada hari dia membeli senjata. Hallie bilang dia tidak ingat pernah melihat Hunter dari 6 Oktober hingga 12 Oktober. Dia juga mengatakan dia tidak melihatnya menggunakan narkoba antara 12 Oktober dan 23 Oktober.

Sementara itu, Joe Biden mengatakan dia akan menghormati keputusan juri dalam kasus ini dan telah mengesampingkan grasi untuk putranya jika terbukti bersalah, menurut transkrip wawancara yang dilakukan Biden senior dengan pembawa berita ABC World News Tonight, David Muir.

Jaksa penuntut dalam kasus senjata mengatakan mereka hanya perlu menunjukkan bahwa Hunter Biden adalah pengguna narkoba ilegal sekitar waktu dia membeli senjata. Pengacara Hunter Biden berpendapat bahwa Hunter tidak sengaja berbohong ketika dia mengisi formulir dan membeli senjata.

Hallie Biden adalah saksi kunci untuk dakwaan. Setelah kematian suaminya, dia berselingkuh dengan Hunter Biden saat masih menikah dengan wanita lain.

Hallie Biden menemukan senjata itu di kendaraan Hunter 11 hari setelah dia membelinya. Hallie mengatakan dia masuk ke mobil untuk membersihkannya, tetapi menemukan "beberapa sisa kokain dan beberapa peralatan" dan kemudian menemukan senjata itu. Dia memasukkan senjata itu ke dalam kantong yang dia temukan di kendaraan, yang menurut jaksa penuntut kemudian diuji dan dipastikan memiliki jejak kokain.

Dalam menjelaskan bagaimana dia membuang senjata itu, Hallie berkata, "Saya menyadari itu tindakan bodoh sekarang, tapi saya sedang panik."

Hallie Biden mengatakan dia tidak yakin apakah Hunter Biden menggunakan narkoba pada hari dia menemukan senjata itu. Namun, Hallie mengatakan Hunter menunjukkan tanda-tanda seperti terlihat belum tidur selama beberapa waktu.

Untuk penggunaan narkoba sendiri, Hallie Biden mengatakan dia berhenti pada Agustus 2018.

"Itu adalah pengalaman buruk yang saya alami dan saya malu serta menyesal," katanya. "Saya menyesali bagian hidup saya yang itu."

Senjata Hunter Biden ditemukan di tempat sampah oleh seorang pria tua yang secara rutin mengais sampah guna mencari bahan daur ulang yang bisa dia jual. Jaksa penuntut memanggil pria itu, Edward Banner, sebagai saksi. Banner mengatakan setelah dia menemukan senjata dan kantongnya, dia membawanya pulang, meletakkannya di lemari dan tidak pernah menyentuhnya lagi. Dia kemudian menyerahkan senjata dan kantong itu kepada detektif polisi yang melacaknya.

Jaksa penuntut bertanya kepada Banner apakah ada orang di rumahnya yang menggunakan kokain, dia menjawab tidak. Itu adalah bukti penting jika pembelaan Hunter Biden mencoba berargumentasi bahwa jejak kokain yang ditemukan di kantong itu diletakkan di sana setelah senjatanya dibuang.

(bbn)

No more pages