Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Zona Euro Naik 0,3% Sejalan Estimasi Awal

News
07 June 2024 18:00

Ekspor dan impor. (Dok: Bloomberg)
Ekspor dan impor. (Dok: Bloomberg)

Jana Randow - Bloomberg News

Bloomberg, Pengekspor dan konsumen mendorong kembalinya ekonomi zona euro ke pertumbuhan pada awal tahun, mengimbangi penurunan investasi.

Produk domestik bruto naik 0,3% pada kuartal pertama--sejalan dengan estimasi awal yang melebihi ekspektasi sebagian besar analis. Kenaikan ini mengakhiri kontraksi yang dialami blok tersebut pada kuartal terakhir tahun 2023. Revisi data untuk kuartal ketiga menunjukkan bahwa kawasan ini tidak mengalami resesi.

Perdagangan bersih memberikan kontribusi terbesar terhadap pertumbuhan dalam periode tiga bulan, menambahkan 0,9 poin persentase ke hasil keseluruhan. Belanja konsumen membawa 0,1 poin persentase, membantu mengimbangi penurunan masing-masing 0,3 poin persentase untuk investasi dan inventaris.

Ekonomi Zona Euro. (Dok: Bloomberg)

Laporan ini menambah bukti bahwa serikat mata uang 20 negara ini perlahan-lahan mulai bangkit setelah guncangan inflasi yang pernah terjadi dalam satu generasi. Keyakinan akan pemulihan yang berkelanjutan mulai meningkat seiring dengan kenaikan harga konsumen yang moderat menuju 2% dan setelah Bank Sentral Eropa menurunkan suku bunga minggu ini setelah serangkaian kenaikan.