Logo Bloomberg Technoz

Militer Ukraina Tembak Jatuh 5 Rudal dan 48 Drone Rusia

Redaksi
07 June 2024 17:20

Rudal Rusia diduga hantam apartemen warga di Kharkiv (Sumber: Twitter Kementerian Pertahanan Ukraina)
Rudal Rusia diduga hantam apartemen warga di Kharkiv (Sumber: Twitter Kementerian Pertahanan Ukraina)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Angkatan udara Ukraina menembak jatuh kelima rudal dan 48 dari 53 drone di sembilan wilayah selama serangan semalam yang dilakukan oleh Rusia, militer Ukraina mengatakan pada Jumat (7/6/2024).

Pasukan Rusia menyerang wilayah Kyiv dengan pesawat tak berawak dan rudal Kh-101/Kh-555, menyebabkan kebakaran di salah satu fasilitas industri, menurut gubernur. Layanan darurat bekerja untuk memadamkan api pada Jumat pagi dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Gubernur wilayah Kharkiv, Oleh Syniehubov, mengatakan bahwa serangan drone tersebut menghancurkan jendela-jendela di setidaknya tiga bangunan tempat tinggal, merusak sebuah toko dan kantor pos, serta infrastruktur lokal lainnya.

Tiga pesawat tak berawak dihancurkan di atas wilayah Dnipropetrovsk, kata gubernur. Gubernur Kirovohrad mengatakan bahwa serangan tersebut tidak menyebabkan kerusakan di wilayahnya setelah militer melaporkan telah menembak jatuh satu pesawat tak berawak. Gubernur Khmelnytskyi juga melaporkan tidak ada kerusakan, dan mengatakan bahwa angkatan udara menembak jatuh 11 target di wilayahnya.

Militer Ukraina mengatakan tujuh pesawat tak berawak ditembak jatuh di atas wilayah selatan Odesa dengan tiga lainnya jatuh di wilayah Kherson dan dua lainnya di wilayah Mykolaiv.