Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya Luhut menegaskan pada sebuah acara di Jakarta, “Sudah nggak perlu ada BTS–BTS, orang sudah ada Starlink.”

Awal Starlink beroperasi di Indonesia:

  1. Bekerja sama dengan Telkomsat untuk memberi layanan penyelenggara jaringan penghubung (backhaul)
  2. Fasilitator penyelenggara jaringan B2B

Starlink pasca beroperasi PT Starlink Services Indonesia:

  1. Bekerja sama dengan Telkomsat untuk memberi layanan penyelenggara jaringan penghubung (backhaul)
  2. Fasilitator penyelenggara jaringan B2B
  3. Tambahan, pelayanan penyediaan internet untuk segmen ritel

Bogi Witjaksono, Direktur Wholesale dan Layanan Internasional Telkom mengakui keunggulan satelit mengorbit rendah menjadikan Starlink selangkah lebih maju dalam hal kecepatan dan kapasitas internet. “Karena orbit, jarak satelit dan bumi semakin pendek maka latensi atau delay makin kecil sehingga seperti menggunakan jaringan terrestrial,” jelas Bogi, yang juga Komisaris Telkomsat.

Pengamat teknologi siber dan jaringan keamanan IT, Alfons Tanujaya menilai Starlink berjualan di segmen ritel justru menguntungkan Indonesia. Meski ada potensi keuntungan buat Elon Musk, patut dicatat namun Indonesia juga bisa memiliki manfaat yaitu percepatan ekonomi digital. Kalkulasi  nilainya berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan yang diterima Starlink. Pasalnya daerah terpencil terkoneksi, ekonomi tumbuh.

"Kalau mau protes silahkan gelar (melakukan investasi) LEO sendiri dan kalau ada yang lebih murah silahkan berpindah, sama kira-kira seperti kabel serat optik, dimana jika penyedianya lebih dari satu maka yang akan dipilih adalah yang akan memberikan layanan dan harga terbaik," tulis Alfons dalam sebuah catatan. Ia juga tidak khawatir dengan ancaman penggunaan tidak bertanggung jawab Starlink, seperti disampaikan beberapa pihak.

Menurut Alfons esensi perkembangan teknologi adalah disrupsi. Teknologi baru mengubah dunia karena lebih handal, cepat, murah, efisien. Teknologi baru akan mengkanabil teknologi lama. Jika hanya bertahan pada keadaan sekarang, merupakan kerugian besar.

Menyoal ancaman data, baginya, Starlink sama berisikonya dengan jaringan internet yang eksis hari ini. Maka itu penting memiliki NOC, sebagai syarat sertifikasi. Bedanya Starlink lebih unggul bahkan punya peluang menggantikan teknologi tower industri telko dan dapat terhubung langsung ke ponsel tanpa membutuhkan alat tambahan.

(wep)

No more pages