Logo Bloomberg Technoz

Wamen Kominfo Aminkan Ucapan Luhut Soal BTS Akan 'Punah'

Muhammad Fikri
07 June 2024 15:25

Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Perbandingan Harga Internet Starlink Vs First Media, Biznet Cs (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nezar Patria berbicara peluang keberadaan menara Base Transceiver (BTS), sebagai bagian terpenting dari perluasan jaringan internet, akan menjadi teknologi usang.

Nezar merespons pernyataan Menko Marves Luhut B. Pandjaitan bahwa disrupsi teknologi telekomunikasi dengan semakin masifnya perkembangan internet berbasis satelit, termasuk yang ditawarkan Starlink Services Indonesia (SSI).

Starlink Indonesia telah meresmikan layanannya beroperasi di Indonesia dalam sebuah konferensi di Bali. Elon Musk, CEO SpaceX, pemilik proyek Starlink hadir langsung dalam peresmian dengan target percepatan akses internet, utamanya di bidang kesehatan dan pendidikan.

“BTS salah satu jaringan Telko eksisting sekarang ini masih dipakai di beberapa tempat tetapi teknologi kan terus berubah ya dan kita lihat disrupsi teknologi yang baru itu akan mengubah lanskap keseluruhan atau mungkin sebagian,” jelas Nezar di Jakarta, Jumat (7/6/2024).

“Tetapi kan masih berproses masih dilihat dulu mungkin pak Luhut mungkin dari perspektif teknologi kalau ada teknologi lama digantikan dengan teknologi baru tetapi kita lihat sesuai prosesnya.”