Logo Bloomberg Technoz

Sementara di pasar saham, tekanan masih berlangsung hingga menyeret Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 62 poin kembali jatuh di bawah 7.000 dan akhirnya hari ini ditutup di 6.897, melemah 1,1% dibanding hari Kamis. 

Data tenaga kerja AS

Nanti malam, Amerika akan melaporkan data baru ketenagakerjaan yang sangat ditunggu para pelaku pasar untuk memperhitungkan peluang penurunan bunga The Fed tahun ini.

Para pelaku pasar memperkirakan, pasar tenaga kerja AS bergerak melemah meski mungkin ada peningkatan rekrutmen tenaga kerja pada Mei. Konsensus pasar memperkirakan, nonfarm payroll AS pada Mei bertambah 180.000 orang. Sedangkan rata-rata pendapatan per jam naik 3,9% dalam setahun terakhir, tidak berubah dengan angka April yang menjadi level terlambat dalam hampir tiga tahun terakhir. 

Bila prediksi pelaku pasar itu akurat, laporan nanti malam akan memperkuat pandangan bahwa perekonomian terbesar di dunia itu tengah melambat dari laju pertumbuhan yang kuat seperti tahun lalu. Namun, perlambatan itu tidak cukup banyak hingga membuat The Fed bergegas menurunkan bunga acuan. 

(rui)

No more pages