Logo Bloomberg Technoz

Ali Fikri Diganti, KPK Tunjuk Penyidik jadi Juru Bicara Baru

Muhammad Fikri
07 June 2024 13:20

Juru Bicara KPK Ali Fikri saat konfrensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Juru Bicara KPK Ali Fikri saat konfrensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjuk juru bicara lembaga antirasuah yang baru yaitu seorang penyidik asal kepolisian, Tessa Mahardika Sugiarto. Keputusan ini sekaligus menjadi penghentian tugas Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri yang selama ini menjadi pelaksana harian (Plh) juru bicara.

"Jabatan Pak Ali adalah Kabag Pemberitaan, tetapi selama ini beliau ditunjuk zsbagai Plh. Juru Bicara, dan sekarang sudah diangkat Juru Bicara yang definitif, Pak Tesa" kata Wakil Ketua KPK, Joanis Tanak, Jumat (7/6/2024)

KPK memang belum memiliki juru bicara definitif usai jabatan tersebut ditinggal Febri Diansyah yang mengundurkan diri dan memilih menjadi seorang advokat. Saat itu, KPK kemudian menunjuk seorang jaksa yang diklaim sebagai upaya penyeimbangan karena sebagian besar posisi strategis di lembaga tersebut dipegang perwakilan Polri.

Profil tentang Tessa Mahardika tak bisa banyak ditemukan. Berdasarkan informasi dia adalah seorang penyidik senior pada Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK. Dia tercatat sebagai penyidik tindak pidana korupsi ahli madya.

Berdasarkan data LHKPN, penyidik asal Polri ini memiliki kekayaan sebesar Rp2,2 miliar yang terdiri dari sebuah tanah dan bangunan di kawasan Tangerang Selatan; satu motor, satu mobil, dan harta lainnya. Namun dia juga mencatatkan punya hutang sebesar Rp1,02 miliar pada akhir 2023.